cyber Tips-Tips Memusnahkan Virus dan Malware untuk Menyelamatkan website

Tips-Tips Memusnahkan Virus dan Malware untuk Menyelamatkan website

 

Tips-Tips Memusnahkan Virus dan Malware untuk Menyelamatkan website



Pada saat kita telah berusaha melakukan berbagai cara agar website terhindar dari virus dan malware, namun sayangnya website telah terlanjur terjangkit virus dan malware, pasti hal tersebut sangat mengganggu dan membuat resah. Jika kejadiannya sudah seperti itu, maka akan muncul pemberitahuan peringatan dalam bentuk tulisan "the site ahead contains malware" atau "the site ahead contains harmful program error" ketika pemilik website akan mengakses website tersebut.

Peringatan seperti itu tentunya sedikit banyak mempengaruhi mood menjadi berantakan sebab website yang dikelola tidak aman. Hal apa yang harus dilakukan agar website bisa bersih dari virus dan Malware seperti sebelumnya? Sejatinya memusnahkan virus dan malware pada website  dengan menemukan dan memperbaiki bagian website yang sudah terserang virus dan malware itu itu tidak mudah. Pemberitahuan yang memberikan peringatan tersebut umumnya memunculkan layar yang berwarna merah dan menunjukkan bahwa website yang terlanjur terserang virus dan malware kemungkinan akan terus muncul.

Pada dasarnya Anda tidak perlu menghawatirkan halaman yang berwarna merah tersebut, karena lama itu adalah sebuah tanda dari Google yang menunjukkan bahwa sistem telah mengetahui bawa website tersebut terdapat malware. Pemberitahuan kerusakan atau bahaya yang muncul kemungkinan terjadi disebabkan oleh serangan yang dilakukan para hacker dan bisa menyebabkan kerusakan pada website yang pastinya berbahaya.

Ditambah lagi jika website yang terjangkit malware dapat menularkan virus kepada pengunjung lain. Karena itulah pada akhirnya Google memberikan pemberitahuan berupa peringatan bahwa website yang dicurigai mengandung malware tidak aman. Website yang mengalami hal ini bisa dikarenakan adanya iklan yang tidak berkualitas dan tidak jelas asalnya, yang mana iklan tersebut menyisipkan kode berbahaya ataupun menyelipkan Link yang dapat menjerumuskan pengunjung ke alamat website berbahaya yang dapat menjangkit virus terhadap sistem website. Untuk mengatasi hal ini, simak beberapa tips memusnahkan virus dan malware untuk menyelamatkan website.

Mencari Tahu Penyebab Website Terjangkit Malware

Supaya Anda mengetahui penyebab malware menyerang website, maka ada dua pilihan yaitu pertama menggunakan tools untuk scan website. Salah satu bantuan tools yang bisa dimanfaatkan bernama Sucuri. Tools ini menawarkan layanan keamanan website yang cukup lengkap. Sucuri mampu membantu menemukan posisi malware ataupun data atau file yang sudah terjangkit virus di dalam website.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan Wordfence. Yang harus dilakukan adalah mengunduh plugin. Wordfence ini akan melakukan scanning pada website yang terdeteksi terjangkit virus dan malware untuk menemukan file yang mencurigakan dan mengganti file yang sudah terjangkit virus dengan file yang aman.

Mendaftarkan Website untuk Diperbaiki oleh Google

Jika Anda telah menyelesaikan udah menemukan asal dan memperbaiki website tersebut, selanjutnya yang harus dilakukan yaitu meminta Google untuk melakukan review terhadap website. Apabila website sudah benar-benar dianggap bersih dan berhasil diverifikasi oleh Google, langkah selanjutnya Anda dapat mengecek keamanan website agar bisa mengetahui apakah website sudah benar-benar sudah bersih dari virus dan malware pada laman Google Webmaster dengan cara mengakses menu Security Issues. Setelah itu Anda diminta menunggu beberapa saat. Ngomongnya proses ini memakan waktu hingga beberapa hari hingga laporan masuk dalam notifikasi Anda.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips yang bisa diikuti untuk memusnahkan virus dan malware demi menyelamatkan website agar bisa kembali seperti semula. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Previous Post Next Post